Kamis, 16 Juni 2011

Untuk Muslim..........Jangan Hina Tuhan Mereka!

Islam itu adalah rahmatan lil alamin
diskusilah secara santun dan bermoral

Inilah Peringatan dari Allah swt.

Dan janganlah kamu memaki sesembahan yang mereka sembah selain Allah, karena mereka nanti akan memaki Allah dengan melampaui batas tanpa dasar pengetahuan. Demikianlah, Kami jadikan setiap umat menganggap baik pekerjaan mereka. Kemudian kepada Tuhan tempat kembali mereka, lalu Dia akan memberitahukan kepada mereka apa yang telah mereka kerjakan.(Q.S. Al-An’am [6]: 108)

Larangan Allah ini ditujukan kepada semua kaum muslimin, bukan kepada Rasulullah saw.. Hal itu karena tidak mungkin Rasulullah saw. melakukan perbuatan keji seperti itu. Beliau tidak pernah menghina dan mencerca.

Sementara kaum muslimin, pada umumnya seringkali melakukan hal keji karena dorongan emosi. Misalnya, ketika kaum muslimin diganggu oleh umat nonmuslim, mereka lantas mencak-mencak, marah, dan bahkan bisa mencaci maki Tuhan umat nonmuslim itu.

Oleh kerena itu, Allah menegaskan larangan ini. Dalam ayat tersebut ditegaskan bahwa seluruh kaum muslimin dilarang memaki Tuhan mereka yang bukan Allah itu, karena mereka juga bisa terpancing emosinya. Nanti mereka pasti balik mencaci maki Allah karena kebodohan mereka.
Sudah menjadi tabiat dasar manusia yang dianugerahkan oleh Allah, bahwa mereka akan selalu menganggap baik apa yang mereka yakini. Umat Islam meyakini bahwa agama Islam ini baik. Umat lain pun pasti manganggap baik agama mereka. Karenanya jika Tuhan mereka dihina, pasti mereka marah dan balik mencaci maki Tuhan umat Islam.

Apakah Allah takut dan merasa rugi jika dicaci maki oleh mereka?
Tidak! Dia tidak takut. Dia tidak akan rugi karena segala apa pun di dunia ini milik-Nya. Dia mengerluarkan larangan itu bukan karena takut atau merasa dirugikan. Allah itu Maha Penyayang, Allah tentunya tidak menghendaki jika hamba-Nya terjebak dalam lingkaran setan, karena luapan emosi atau amarah seperti itu merupakan tipu daya setan.

Lalu, jika umat lain yang memulai lebih dulu mencaci maki Allah, perlukan kaum muslimin marah?
Dulu saya merasakan itu. Ketika umat lain mencaci maki Allah dan rasul-Nya dengan perkataan tolol yang keluar dari kebodohan mereka, saya terpancing. Saya emosi, saya marah.
Akan tetapi kini, saya berusaha untuk tidak seperti itu. Bukan karena saya tidak cinta Allah dan rasul-Nya. Namun justru sebaliknya, saya berusaha lebih mengenal Allah dan rasul-Nya. Saya cukup tersenyum mengetahui caci maki mereka.
Saya yakin, Allah dan rasul-Nya tidak akan bangkrut akibat cacian mereka. Allah dan rasul-Nya tidak akan turun derajat karena dihina oleh jutaan manusia. Bahkan andai pun seluruh makhluk mencaci maki Allah, Dia tetaplah Dzul-Jalali wal-Ikram. Dia tetap Zat yang Mahakuasa, Mahamulia, Mahakaya, Mahasuci.
Jadi, kenapa kita harus marah ketika Allah dan rasul-Nya dicaci maki oleh mereka?!
Allahu Akbar!!! Allahu Akbar!!! Allahu Akbar!!!

Wassalam

By:Oziels

Tidak ada komentar:

Posting Komentar